Monday 20 January 2020

Cara Bikin Singkong Frozen

Singkong a la Thai

Hallo, selamat siang, pada kali ini akan membawakan tentang cara bikin singkong frozen Singkong a la Thai simak selengkapnya lebih dalam tentang Singkong a la Thai.





Kadang saya tak habis pikir sendiri dengan harga makanan camilan yang dijual di Mall Ambasador, sebelah kantor, mahalnya minta ampun. Contohnya minggu lalu, saat saya membeli makanan untuk berbuka puasa di salah satu counter penjual jajanan di sana. Dua potong singkong a la Thai dengan vla putih seperti bubur sumsum yang diletakkan di cup gelas plastik, dihargai sepuluh ribu rupiah. Fantastisnya lagi yang beli pun berebutan sehingga jika sore sedikit saja maka dipastikan makanan ini telah habis. 




Kalau mau dihitung-hitung berapa sih harga singkong sekilonya? Plus sedikit gula pasir dan santan? Paling banter sepanci singkong yang dimasak seperti ini hanya menghabiskan modal lima belas ribu rupiah, dan anda bisa menyantapnya sampai pingsan. Rasanya pun jauh, jauh lebih sedap jika membuatnya sendiri. Seperti weekend kemarin, setelah kecewa dengan rasa singkong Thai yang saya beli di mall, akhirnya saya pun mengolah singkong beku yang ada di freezer (sudah mendekam di sana selama sebulan ^_^) menjadi makanan a la Thailand ini dan hasilnya mantap!







Saya sendiri tidak ahli dalam urusan memilih singkong yang berkualitas baik. Urusan tersebut saya serahkan ke penjual singkong di pasar. Tapi karena hampir setiap minggu saya menongolkan muka di sana, membuat saya mudah untuk meluncurkan komplain kalau barang yang dibeli tidak oke. Jadi sebulan yang lalu, kala saya membelinya untuk dibuat combro (resepnya silahkan klik link disini), jumlahnya yang terlalu banyak membuat sebagian saya bekukan ke freezer setelah di kupas dan dibersihkan tentunya. Satu bulan singkong di freezer ternyata kondisinya masih  baik-baik saja, sama seperti ketika kondisinya masih segar, dan untungnya jenis yang saya gunakan adalah singkong empuk yang pas untuk dibuat camilan berbuka puasa seperti yang kali ini saya posting.



Jadi apakah lantas saya kemudian berniat menjual singkong Thai di Mall Ambas? Hmm, sepertinya perlu dipertimbangkan dengan serius. ^_^



Tertarik untuk mencobanya di rumah? Berikut resepnya ya.

Singkong a la Thai



Singkong a la Thai

Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi 



Bahan:

- 800 gram singkong, potong-potong sepanjang 5 cm, belah dua, buang serat tengahnya.

- 1 1/2 liter air

- 2 lembar daun pandan, potong sepanjang 5 cm

- 1/2 sendok teh garam

- 200 gram gula pasir

Singkong a la Thai

- 1 sendok teh vanili ekstrak

Bahan saus:

- 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa

- 1 sendok teh garam

- 2 lembar daun pandan, potong sepanjang 5 cm

- 1 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 3 sendok makan santan 



Cara membuat:





Siapkan panci, masukkan air, rebus hingga air mendidih. Masukkan singkong dan daun pandan,  rebus hingga singkong benar-benar empuk, berwarna hampir transparan dan air menyusut. Tambahkan gula pasir, vanila ekstrak dan garam. Rebus hingga gula larut. 



Jika air yang digunakan untuk merebus habis sementara singkong belum empuk benar, tambahkan air panas secukupnya dan lanjutkan merebus hingga air hampir habis namun singkong masih terlihat basah. Angkat dan sisihkan. 



Membuat vla santan





Siapkan panci kecil, masukkan santan, garam, daun pandan dan larutan tepung maizena. Rebus dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga santan mulai mengeluarkan letupan-letupan kecil dan mengental. Lanjutkan merebus selama 2 menit, aduk-aduk agar santan tidak pecah dan angkat.  



Penyajian

Siapkan mangkuk, tata singkong diatasnya dan siram dengan kuah santan. Yummy!



  



Begitulah detil mengenai Singkong a la Thai semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih

untuk harga alat pengolahan Pelet bisa menghubungi kami ya. Mesin Pengiris Singkong Arena Mesin

Artikel ini diposting pada label cara bikin singkong frozen, cara membuat singkong frozen, cara buat singkong frozen,

http://www.justtryandtaste.com/2013/07/singkong-la-thai.html

No comments:

Post a Comment